Wednesday 24 May 2017

Tv LCD/LED Sony Warnanya Pudar

Memperbaiki TV LCD LED Warna Pudar SONY

Pernah ga TV kalian, atau kalian nerima service an sebuah TV LCD atau LED yang kerusakan nya pudar? atau warna tv nya seperti pudar?

Nah sekarang saya akan bercerita tentang kerusakan TV lcd led warna pudar yang memang sering kali terjadi pada tv lcd led.

Memperbaiki TV LCD LED warna pudar sebenarnya tidak se rumit yang kita bayangkan.

Ada yang mengira ini adalah rusak hanya settingan saja, namun ada juga yang mengira yang rusak adalah layar LCD nya.

Kejadian ini sangat sering terjadi pada TV LCD LED keluaran tahun tertentu yang menggunakan module TCON dengan IC AS15, dimana ic ini adalah sebuah ic voltage buffer.

Kalau tegangan keluaran dari IC AS15 ini tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh panel LCD, maka tampilan pada layar LCD akan dominan pudar atau cendrung putih.

Namun seiring waktu, kini sudah tidak ditemukan lagi TV keluaran baru yang menggunakan IC tipe ini. mungkin karena kelemahan nya cepet rusak itu ga dipakai lagi deh :)

Bentuk dan lokasi IC tersebut persis seperti di gambar berikut. Letaknya selalu berada di pinggir board PCB tcon.


Apa ic ini bisa kita ukur sebelum diganti? tentunya bisa dengan melihat parameter pada datasheet.

Tapi dulu waktu pertama kali saya memperbaiki tv dengan kerusakan seperti ini, saya tau rusak ic ini cuma dengan tau kalau ic ini panas sekali :D karena panas, saya iseng ganti. Eh langsung normal wkwkwk.

Kalau kalian mendapati sebuah TV kerusakan warna pudar atau terlalu bright coba cek modul tcon nya. kalau ada ic as15 langsung aja ganti :D

Seperti yang saya alami pada sebuah TV SONY berikut. Dateng tv nya sih uda hampir semingguan, cuma baru bisa ambil kemarin. begitu dibuka ternyata dia pakai IC as15, akhirnya langsung aja tak ganti tanpa pikir panjang lagi.

Dan hasilnya gambar langsung normal kembali.

Kalau kalian mau beli IC nya silahkan cek di bagian menu toko di website ini, saya juga jual IC AS15 nya. berikut ini adalah video service saya bukti kalau cuma ganti ic nya aja udah langsung normal kembali TV nya.

loading...

sumber:
duwiarsana.com

No comments:

Post a Comment