Pesawat rusak lagi dalam masa garansi…..
Merupakan pengalaman NEGATP atau POSITIP ?????
Merupakan pengalaman NEGATP atau POSITIP ?????
Ini semua tergantung dari bagaimana anda menyikapinya, menyelesaikan masalahnya, cara memberikan penjelasan kepada konsumen.
Rusak lagi,…..suruh bayar lagi,…….butuh waktu lama,……kurang mendapat perhatian,…..bolak-balik konsumen menanyakan......tentu saja hal seperti ini dapat berakibat negatip.
Anda dianggapa kurang becus, ……..konsumen cerita pengalamannya pada orang lain,………nama bengkel anda bisa jatuh dimata orang lain....kepercayaan konsumen terhadap bengkel anda hilang.....
Anda dianggapa kurang becus, ……..konsumen cerita pengalamannya pada orang lain,………nama bengkel anda bisa jatuh dimata orang lain....kepercayaan konsumen terhadap bengkel anda hilang.....
Rusak lagi, …….anda memberikan perhatian khusus,……..tidak bayar lagi, walaupun mungkin ada part murah yang perlu diganti misalnya (disini diperlukan sedikit pengorbanan) …….segera ditanggani, ........atau kalo perlu dapat ditunggu.
Disini pengalaman negatip disulap menjadi hal positip. Konsumen akan puas……akan cerita pada orang lain “ Kalau service bawa ke bengkelnya si A saja,”…..”Karena disana digaransi dan dijamin”.
Anda dinilai bertanggung jawab atas kerja anda….orang jadi lebih percaya kepada bengkel anda.
Disini pengalaman negatip disulap menjadi hal positip. Konsumen akan puas……akan cerita pada orang lain “ Kalau service bawa ke bengkelnya si A saja,”…..”Karena disana digaransi dan dijamin”.
Anda dinilai bertanggung jawab atas kerja anda….orang jadi lebih percaya kepada bengkel anda.
Hal2 apa saja yang perlu diperhatikan untuk menghindari agar pesawat tidak rusak lagi……setelah selesai repair.
- Periksa dengan esr elko2 sekitar power suply dan vertikal
- Periksa solderan2 pada komponen2 besar atau komponen yang mengeluarkan panas…..resolder ulang.
- Periksa solderan daerah pcb CRT soket.
- Goyang2 naik-turun mainboard setelah mainboaard masuk reel sebelum pasang tutup belakang belakang,…………Gebrak-gebrak pesawat (tetapi jangan terlalu keras) setelah pesawat selesai ditutup ……..Hal ini untuk memastikan tidak ada solderan yag los kontak.
- Periksa mungkin ada pendingin atau komponen yang overheat………berbau…….berasap…..
- Pada kasus2 tertentu pesawat mungkin perlu running test yang lama……..
Kalau ada komponen yang dicurigai sudah mengkawatirkan, jelaskan pada konsumen……..misalnya :
- Flyback cuma ditambal……..sehingga kalo ternyata beberapa hari rusak, anda bias minta bayaran harga flyback tanpa sunkan dan konsumen menyadarinya.
- CRT sudah mulai lemah……..mungkin teve hanya bertahan satu atau dua tahun saja…..
- Tuner di blower saja…..kadang hal ini juga bias tidak bertahan lama….siap2 ganti tuner.
- Panel lcd yang di sunat…..ini adalah solusi untung2an….bisa bertahan lama, tapi juga bisa tidak….
Memang ada hal-hal yang kadang tidak dapat kita prediksi,
Misalnya : “Ganti flyback baru, tidak lama mbledos……….”……Hal seperti sudah diluar kendali kita….namanya nasib…….tergantung bagaimana anda secara bijak dapat menjelaskan kepada konsumen…..
Misalnya : “Ganti flyback baru, tidak lama mbledos……….”……Hal seperti sudah diluar kendali kita….namanya nasib…….tergantung bagaimana anda secara bijak dapat menjelaskan kepada konsumen…..
**************
No comments:
Post a Comment