Saturday, 16 June 2012

Memahami lebih detail Service-mode Philips chasis L01.02A TDA95xx (ic tempel)

 

Memahami secara detail manfaat Service-Mode pada Philips chasis L01.02A yang menggunakan UOC TDA95xx (ic tempel), tentu akan memberi banyak manfaat yang berguna bagi teknisi.

image

Manfaat :

  • Untuk penyetelan seperti pada umumnya pada model-model lain
  • Dengan masuk service mode – sistim protek akan dilumpuhkan. Sehingga dengan masuk service mode akan lebih memudahkan dalam melacak penyebabkerusakan protek.
  • Ada fasilitas “self diagnosa” atau “error buffer” yang akan menunjukkan bagian-bagian yang problem jika terjadi mati protek.

Cara masuk service mode.1

  • Menggunakan Remote ori atau Chunghop RM109E yang diset pada “141”
  • Tekan angka “062596” kemudian dilanjutkan tekan tombol ‘MENU”

Cara masuk service mode.2

  • Hidupkan teve (power on) kemudian cabut colokan (kabel ac cord) listrik
  • Shortkan jumper 9631 dan 9641 menggunakan pinset
  • Pasang kembali colokan listrik.
  • Saat pesawat mulai menyala segera lepas pinset. Jangan terlalu lama men-shortkan jika pesawat telah hidup.

image

Navigasi :

  • Gunakan cursor up/down untuk memilih item ( jangan menggunakan ch up/down)
  • Gunakan cursor kiri/kanan untuk merubah data ( jangan menggunakan vol uip/down)
  • Untuk EXIT tekan tombol ST-BY (POWER), bukan dengan mematikan power listrik

Saat masuk service-mode maka pada layar akan terlihat

image

  • Indikator yang menunjukkan berapa jam teve telah dihidupkan (st-by tidak dihitung)
  • ERROR BUFFER ( deretan angka 00) yang dapat menunjukkan bagian yang problem jika terjadi protek (kadang mati sendiri)
  • Software indentifikasi
  • Clear, untuk menghapus data error buffer kembali ke 00
  • Option byte
  • AKB on-off
  • Tuner (tidak perlu diajust karena akan automatis adjustment)
  • White tone
  • Geometry (untuk adjustment Vertikal size dll)
  • Audio

Bagaimana membaca ERROR BUFFER 00 00 00 00 00.

  • Ada 5 buah deretan 00
  • Misal muncul angka 04 00 00 00 00. Artinya telah terjadi problem pada error “04” (lihat tabel data)
  • Atau mungkin angka 04 11 00 00 00. Artinay ada 2 macam problem yaitu error “04” dan “11:.

Catatan :

  • Error baffer otomatis akan di clear secara otomatis jika pesawat telah dihidupkan selama 50 jam.

image

Kode kedip led merah.

Pada saat masuk service-mode mungkin saja raster tidak menyala, maka untuk mengetahui error kode dapat diketahui dengan cara mengamati cara kedip lampu indikator led merah.

Misal error kode 10 akan ditunjukkan dengan cara sebagai berikut, segera setelah pesawat mati protek

  • Led nyala panjang sekitar 750 milidetik
  • Pause (led padam) sekitar 1,5 detik
  • Kemudian dilanjutkan kedip-pendek sebanyak 9x
  • Setelah error ditunjukkan kemudian led akan kedip-panjang selama 3 detik
  • Proses berulang lagi.

 

Misal error 12 09 00 00 00

  • Led nyala panjang selama 750 mili detik
  • Pause (led padam) sekitar 1.5 detik
  • Kedip pendek sebanyak 2x
  • Pause sekitar 3 detik
  • Kedip pendek sebanyak 9x
  • Setelah error ditunjukkan akan dilanjutkan kedip-panjang selama 3 detik
  • Proses berulang lagi.

 

 

********************

No comments:

Post a Comment